VISI MISI

VISI

Visi adalah suatu cara pandang kedepan, kearah mana suatu organisasi akan dibawa, agar tetap eksis, inovatif dan antisipatif. Dikatakan juga bahwa Visi pada hakekatnya adalah suatu abstrak atau gambaran keadaan dimasa yang akan datang yang diwujudkan oleh potensi organisasi.

Adapun Visi Desa Ngadirojo Lor antara lain : “Bersama masyarakat Desa, Lembaga Masyarakat Desa, Lembaga Pemerintahan Desa, Pemerintahan Desa, membangun Ngadirojo Lor.

MISI

Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai dengan kegiatan spesifik yang harus dilakukan, sehingga membawa, organisasi pada fokus tertentu. Misi tersebut adalah membenahi dan melanjutkan program-program diperiode sebelumnya yang belum diselesaikan.

Oleh karena itu untuk mewujudkan Visi Desa Ngadirojo Lor sebagaimana tersebut di atas, akan dijabarkan melalui Misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan partisipasi masyarakat, Lembaga Masyarakat Desa, Lembaga Pemerintahan Desa dalam pembangunan baik bidang ekonomi, sosial budaya maupun infrastruktur.
  2. Meningkatkan peribadatan masyarakat.
  3. Menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap berwiraswasta.
  4. Mengurangi penggangguran dan meningkatkan penghasilan masyarakat

STRATEGI DAN KEBIJAKAN

STRATEGI

Strategi adalah keseluruhan cara atau langkah dengan penghitungan untuk mencapai tujuan atau mengatasi permasalahan. Sehingga strategi merupakan cara mencapai tujuan dan sasaran yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan program-program. Dalam rangka merealisasikan sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan Pembangunan Desa dan strategis kebijakan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ;
  • Mengefektifkan pelaksanaan koordinasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan ;
  • Terserapnya Rencana Pembangunan Tahunan Desa;
  • Meningkatkan keterampilan pada masyarakat usia produktif serta membantu penyaluran tenaga kerja;
  • Memperbaiki sarana dan prasarana ibadah.

KEBIJAKAN

Kebijakan adalah suatu arah tindakan yang diambil oleh Pemerintah dalam suatu kondisi tertentu dan digunakan untuk mencapai suatu tujuan atau merealisasikannya suatu sasaran atau maksud tertentu. Oleh karena itu kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program/kegiatan guna tercapainya kelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan sasaran, tujuan serta visi dan misi, maka kebijakan Desa Ngadirojo Lor Tahun 2017 lebih difokuskan pada upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat di bidang administrasi pemerintahan, pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan ekonomi sesuai dengan potensi yang ada.