Bimbingan Teknis Program SDGs ( Sustainable Development Goals )

Ngadiroj Lor : 31 Maret 2021

Ngadirojolor.sideka.id – Para relawan pendata SDGs mengikuti bimbingan teknis program SDGs Desa Ngadirojo Lor. Acara ini diadakan di balai pertemuan Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Peserta yang hadir ialah 24 orang, para relawan ini mewakili masing-masing RT yang ada di Desa Ngadirojo Lor. Pembicara dari acara hari ini ialah Bapak Puji. Bimbingan teknis ini menjelaskan cara pengisian form kuisioner, yang nantinya akan di input ke dalam aplikasi android yang sudah ada di play store. Acara ini berlangsung hanya 1 hari saja, yaitu pada tanggal 31 Maret 2021.

Sebelumnya sudah ada pendataan yaitu MDGs, namun kurang efektif. Beberapa agenda MDGs (Pendataan sebelum SDGs) yang belum tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga tahun 2030. SDGs merupakan penyempurnaan MDGs karena, SDGs lebih komprehensif, disusun dengan melibatkan lebih banyak negara dengan tujuan yang universal untuk negara maju dan berkembang, kemudian memperluas sumber pendanaan, selain bantuan negara maju juga sumber dari swasta, menekankan pada hak asasi manusia agar diskriminasi tidak terjadi dalam penanggulangan kemiskinan dalam segala dimensinya, Inklusif, secara spesifik menyasar kepada kelompok rentan (No one left behind), pelibatan seluruh pemangku kepentingan, SDGs menargetkan untuk menuntaskan seluruh tujuan (Zero Goals), SDGs tidak hanya memuat tujuan tapi juga Sarana Pelaksanaan (Means of Implementation).

Pendataan SDGs ini sangatlah penting untuk pembangunan berkelanjutan. Terdapat 17 tujuan yang ingin dicapai oleh pendataan ini. Diantaranya mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun, mengakhiri kelaparan, memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia, memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan, memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan modern bagi semua, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, membangun infrastruktur yang tangguh, mengurangi ketimpangan didalam dan antar negara, membangun kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan, memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, mengambil aksi segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan), mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Masyarakat dan pemerintah berharap data yang telah dikumpulkan dapat membuat pembangunan berkelanjutan nantinya. Sesuai dengan tujuan dibentuknya pendataan SDGs ( Sustainable Development Goals ). (adm)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan